Profile Pondok Pesantren Insan Aqil Leuwisadeng

Pondok Pesantren Insan Aqil terletak di Kampung Paku, RT/RW. 001/003, Desa. Sadeng, Kecamatan. Leuwisadeng, Kabupaten Bogor, Jawabarat. Pondok pesantren ini diasuh dan dibina oleh Yai Ahmad Rifa'i anak pertama dari Aki/Abah Syakur bin Sarta salah satu sesepuh di kampung Paku.

Metode yang digunakan di pesantren ini adalah metode sorogan dan bandungan khas pesantren salafiyyah (tradisional) dengan logat sunda dan jawa. Adapun kitab - kitab yang dikaji antara lain :

1. Awamil
2. Jurumiyah
3. Imriti
4. Qomithugyan
5. Bahjatul Wasail
6. Safinatunnajah
7. Taqrib
8. Fathul Qarib
9. Arbain An - Nawawi
10. Tanqihul Qaul
11. Fathul Muin
12. Jauhar Maknun dan kitab - kitab lain.

Selain belajar kitab kuning, santri di pesantren Insan Aqil dididik juga untuk belajar dan mengembangkan diri ke bidang yang lain. Seperti berwirausaha, bertanam, menulis dan berpidato (public speaking). Terdapat agenda muhadharah dan mudzakarah prihal permasalahan agama dan masyarakat. Dengan begitu, diharapkan para santri tidak hanya bisa membaca kitab kuning tapi bisa juga memiliki kemampuan lain yang bermanfaat bagi kehidupannya dimasa yang akan mendatang.

Adapun fasilitas dan sarana-prasarana di pesantren kami masih sangat terbatas. Terdapat 6 kamar (kobong), 1 Majelis, 1 Perpustakaan, 1 dapur dan 2 kamar mandi. Terdapat juga beberapa lahan kosong yang siap digunakan untuk membangun kamar (kobong) atau sarana-prasarana pesantren lainnya.

Bagi pembaca yang memiliki kelebihan harta yang ingin disalurkan sebagai bentuk sedekah untuk santri, pengurus,  pengembangan, perbaikan dan pembangunan pesantren kami, bisa mentransfer via bank (BCA, Mandiri, BNI, Permata Bank, BRI) atau E-Wallet (Gopay, OVO, Dana, Link Aja, Shopeepay), semua melalui link berikut : https://sociabuzz.com/pesantreninsanaqil/tribe atau bisa hubungi https://wa.me/6285718987483 untuk bantuan kebutuhan pokok atau material lain. Terimakasih atas bantuan dan donasinya, jazakumullahu khairan, semoga Allah Swt. meridhai semua amal dan ibadah kita. Aamiin ya rabbal alamin.

Foto Pondok Pesantren Insan Aqil :






Share: